17.10.07

Jumlah penumpang naik

Jumlah Penumpang TransJakarta Naik 200 Persen

Selama Lebaran, penumpang TransJakarta naik hampir 200 persen, terutama untuk tujuan Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Wisata Ragunan.
Wakil Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jakarta, Udar Pristono kepada SH, Selasa (16/10), mengatakan, selama liburan Idul Fitri, penumpang yang menggunakan TransJakarta ke Ancol dan Ragunan meningkat tajam. Setiap hari jumlahnya naik sekitar 150 persen sampai 200 persen.

“Saat liburan benar-benar terasa betapa besar manfaatnya busway bagi warga Jakarta maupun warga luar Jakarta. Bersama keluarga mereka memilih busway ketimbang angkutan umum lain,” katanya.

Hal senada juga diakui Kepala Operasi dan Pengendalian Badan Layanan Umum (BLU) TransJakarta Rene Nunumete. Kepada SH, Selasa (16/10) siang, Rene mengatakan jumlah penumpang TransJakarta menuju Ragunan dan Ancol meningkat. Hanya saja, Rene mengaku tidak tahu persis berapa persentase kenaikan jumlah penumpang.
Dia menambahkan sehubungan dengan banyaknya penumpang ke Ancol dan Ragunan menggunakan TransJakarta, pihak pengelola TransJakarta menyediakan rute baru Cililitan-Ancol dan Pulo Gadung-Halimun-Ragunan. Rute ini berlaku sampai tanggal 21 Oktober 2007 dan khusus melayani masyarakat yang ingin berekreasi.

Bahkan, lanjutnya bila rute ke tempat rekreasi Ancol dan Taman Wisata Ragunan berjalan baik dan memberi kemudahan bagi warga Jakarta maka itu akan diteruskan dan diberlakukan pada setiap hari minggu.

Secara terpisah, Kepala BLU TransJakarta, Dradjad Adhyaksa untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, untuk beberapa rute, TransJakarta beroperasi sampai pukul 24.00 WIB. Rute Kalideres-Harmoni, Pulogadung-Harmoni, dan Kampung Rambutan-Kampung Melayu beroperasi sampai pukul 24.00 WIB.
Pertimbangannya, rute-rute ini berkaitan dengan kawasan pinggiran Jakarta dan biasanya masyarakat bepergian sampai jauh malam. Untuk mempermudah perjalanan TransJakarta beroperasi sampai pukul 24.00 WIB sampai dengan tanggal 21 Oktober 2007.
(andreas piatu - Sinar Harapan)

No comments: