30.1.07

Mobil Pribadi Masih 'Sikat' Jalur

Busway Beroperasi, Mobil Pribadi Masih 'Sikat' Jalur Busway
Ine Yordenaya - detikcom

Jakarta - Kemacetan bisa membuat pengemudi berbuat apa saja. Jalan Mangga Besar kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, macet, pengemudi nekat lalui jalur busway.
Hadirnya busway di kawasan Mampang-Warung Buncit-Ragunan belum menyelesaikan kemacetan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. Seperti pada Minggu (28/1/2007) siang, dua arah di jalan raya Mangga Besar padat merayap.

Menurut pengamatan detikcom, kemacetan jalan raya Mangga Besar berakibat antrian kendaraan sampai depan Halte Buncit Indah hingga perempatan lampu merah Mangga Besar. Arah Sebaliknya juga macet, dari perempatan Deptan (Departemen Pertanian) hingga perempatan Mangga Besar. Tak jelas apa penyebab kemacetan tersebut.

Kemacetan menimbulkan pengemudi seperti kehabisan kesabaran. Klakson berbunyi di sana-sini. Beberapa sopir bus, mobil pribadi dan angkot nekat masuk jalur busway. Namun hal itu tetap tidak mencairkan kemacetan yang terjadi di jalur tersebut. Tak terlihat seorang polisi lalu lintas pun di sana.

Akibat kendaraan yang tak berhak masuk jalur busway nekat melintas, busway yang beroperasi di koridor VI (menempuh jalur Kuningan-Ragunan) itu ikut mengantri dalam kemacetan. Untungnya tidak semua pengemudi nekat masuk jalur busway di kawasan tersebut.
(ana/mly)

No comments: