1.9.07

Pengalihan rute bus kota

Dua Koridor Beroperasi, Rute Lima Trayek Bus Kota Dialihkan

REPUBLIKA -- Terhitung mulai Senin (3/9) nanti, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan mengalihkan lima rute trayek bus kota. Kebijakan itu dilakukan Dishub menyusul telah beroperasinya bus TransJakarta Koridor II (Pulogadung-Harmoni) dan Koridor III (Harmoni-Kalideres) sejak 15 Januari 2006 lalu.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Nurachman, mengatakan, pengalihan trayek bertujuan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa angkutan di berbagai wilayah di DKI Jakarta. Apalagi, beberapa rute dapat difungsikan sebagai feeder busway. ''Ada lima rute trayek bus kota yang akan dialihkan. Sebagian rute dapat berfungsi sebagai feeder busway,'' kata Nurachman dalam surat edaran yang diterima Republika, Jumat (31/8).

Rute trayek bus kota yang dialihkan tersebut meliputi :

P7 - Bus Kota Mayasari Bakti (Pulogadung-Grogol PP);
P-7A - Mayasari Bakti (Pulogadung-Kalideres);
PAC-03 - Mayasari Bakti (Pulogadung-Kalideres);
52 - Bus PPD (Pulogadung-Pasar baru), dan
P-73 - Steady Safe (Kalideres-Tanjung Priok).

Untuk trayek Mayasari P-7, semula rutenya melalui Terminal Pulogadung-Perintis Kemerdekaan-Suprapto-Senen Raya-Veteran-Harmoni-H Ashari-Kyai Tapa-Terminal Grogol PP. Dialihkan dari Terminal Pulogadung masuk pintu Tol PRJ Kemayoran- Tol Dalam Kota-keluar pintu Tol Jembatan III-Latumenten-Kyai Tapa-Terminal Grogol PP.

Sedangkan bus Mayasari Bakti P-7A (Pulogadung-Kalideres) PP yang semula rutenya melalui Terminal Pulogadung-Jl Perintis Kemerdekaan-Jl Suprapto-Jl Senen Raya-Jl Pejambon-Jl Merdeka Timur-Jl Merdeka Utara-Jl Veteran-Harmoni-Jl H Ashari-Jl Kyai Tapa-Jl Daan Mogot-Terminal Kalideres PP, dialihkan ke Terminal Pulogadung-Jl Perintis Kemerdekaan-Jl A Yani-masuk pintu Tol Pulomas-Tol Wiyoto Wiyono- Tol Dalam Kota-keluar pintu Tol Tomang-Jl. S Parman-Jl Daan Mogot- Terminal Kalideres PP.

Pantauan di lapangan, sejumlah bus kota di jalur yang dilintasi dua koridor itu sebagian sudah mulai tak beroperasi semisal bus Mayasari P 7A. ''Soalnya, hanya kadang-kadang saja bus itu beroperasi,'' ujar Siti, warga Cilincing yang sudah tak menggunakan jasa bus tersebut sejak kehadiran busway. [zak]

Dialihkan, Trayek Bus Bersinggungan dengan TransJakarta

SINAR HARAPAN - Dinas Perhubungan (Dishub) Jakarta, Senin (3/9), mengalihkan trayek angkutan umum dari Pulo Gadung-Grogol, Pulo Gadung-Kalideres, Tanjung Priok-Kalideres, Pulo Gadung-Pasar Baru dan Kalideres-Tanjung Priok yang lebih dari 50 persen bersentuhan dan bersinggungan dengan koridor II dan II TransJakarta.

Alasannya, jumlah bus yang beroperasi di sepanjang koridor II dan III sudah cukup sehingga angkutan umum lain yang bersinggungan dengan dua koridor ini dialihkan. Selama ini masih diperbolehkan beroperasi karena jumlah bus TransJakarta masih terbatas.

Kepala Dishub Jakarta Nurachman menyatakan hal itu kepada SH, Jumat (31/8) siang. Dia menjelaskan, selama ini sebenarnya sudah mulai dikurangi sejalan dengan jumlah armada TransJakarta yang dioperasikan. Sekarang, semua trayek yang bersinggungan lebih dari 50 persen harus dibersihkan karena jumlah bus yang dioperasikan di dua koridor ini sudah cukup.

Trayek yang dialihkan, P-7 PT Mayasari Bakti, semula Terminal Pulo Gadung-Jl Pahlawan Kemerdekaan-Suprapto-Senen Raya-Veteran-Harmoni-H Ashari dan Jl Kyai Tapa dan masuk Terminal Grogol, menjadi Terminal Pulo Gadung-Pahlawan Kemerdekaan-Suprapto-Tanah Tinggi Barat dan Jl Benyamin S-masuk pintu tol PRJ-tol dalam kota-keluar pintu tol Jembatan III-Jl Latumenten-Kyai Tapa dan masuk Terminal Grogol.

Trayek-P7A Mayasari Bakti Pulo Gadung-Kalideres, mulai Terminal Pulo Gadung-Pahlawan Kemerdekaan-Suprapto-Senen Raya-Pejambon-Merdeka Timur-Merdeka Utara-Veteran-Harmoni-H Ashari-Kyai Tapa-Daan Mogot dan masuk Terminal Kalideres menjadi Pulo Gadung-Pahlawan Kemerdekaan-A Yani-masuk pintu Tol Pulomas-Tol W Wiyono-tol dalam kota-keluar pintu Tol Tomang- Jl S Parman- Jl Daan Mogot dan masuk Kalideres.

Trayek PAC-03 Mayasari Bakti Pulo Gadung-Kalideres. Dari Terminal Pulo Gadung-Pahlawan Kemerdekaan-Suprapto-Senen Raya-Pejambon-Merdeka Utara-Gajah Mada-H Ashari-Kyai Tapa-Daan Mogot dan masuk Terminal Kalideres menjadi terminal Tanjung Priok-Enggano-Yos Sudarso-masuk pintu Tol Plumpang-tol dalam kota-keluar pintu Tol Jembatan III-Latumenten-Daan Mogot dan terus masuk Kalideres. (andreas piatu)

No comments: