13.1.04

Tiga bus cacat

Menjelang Beroperasi, Tiga Busway Rusak
13 Januari 2004

TEMPO Interaktif - Tiga hari menjelang beroperasi, tiga busway mengalami kerusakan. Satu bus pecah kacanya dan dua lainnya tergores bagian depan dan belakangnya. “Bus tersebut cacat kena dahan hingga pecah kacanya,” ujar Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Selasa (13/1).

Sutiyoso menjelaskan saat ini kaca busway tersebut sedang diganti. “Yakin deh tanggal 15 nanti sudah siap. Ini cuma kerusakan kecil saja kok,” ujarnya. Kepala Tempat Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng Ahmad mengakui, ada dua busway lagi yang dikembalikan ke bengkel Karoseri New Armada di Tambun, Bekasi, Jawa Barat.

Keduanya mengalami cacat gores yang disebabkan terkena pembatas jalan atau trotoar. “Mungkin karena tempat parkir yang sempit,” katanya. Menurut Hadi semua busway yang berjumlah 56 mulai besok akan dikumpulkan di Pinang Ranti, Jakarta Timur.

Menurut Sutiyoso, seluruh sarana pengoperasian busway sudah siap. "Saya sudah cek secara acak ke halte-halte, semua sudah terpenuhi," ujarnya. Saat ini tinggal bagaimana memahirkan sopir melalui latihan. (Mawar Kusuma/Indra Darmawan—TNR)

No comments: