13.1.04

Lusa dimulai

Lusa, Jalur Blok M-Kota Dikuasai Bus Busway
13 Januari 2004

TEMPO Interaktif - Pada pemberlakukan jalur busway 15 Januari mendatang, jalur Blok M-Kota hanya akan dilewati oleh bus untuk jalur busway dan bus yang tidak bersinggungan penuh dengan jalur busway.

"Seluruh bus yang bersinggungan penuh dengan jalur busway mulai pukul 05.00 WIB tidak akan beroperasi lagi," ujar Kepala Biro Humas DKI Jakarta Muyahat kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (13/1).

Kebijakan tersebut, menurut Muhayat, tidak akan merugikan perusahaan-perusahaan bus. "Sopir-sopir kebanyakan juga diambil dari perusahaan itu," katanya.

Meskipun bus-bus yang beroperasi di jalur penuh Blok M-Kota sudah tidak ada, namun menurutnya, bus-bus yang bersinggungan sebagian dengan jalur tersebut masih diperbolehkan beroperasi.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan tidak merasa khawatir dengan kemungkinan pelonjakan penumpang pada uji coba gratis selama dua minggu. "Silakan penumpang sebanyak-banyaknya, yang penting antri," tegas Muhayat.

Bus busway sendiri dapat memuat 80-85 penumpang. "Tenang, kalau bus sudah penuh pintu langsung tertutup," ujarnya.[Mawar Kusuma - Tempo News Room]

No comments: