7.7.07

Bus Rapid Transit


Bus Rapid Transit (BRT) merupakan istilah untuk sistem transportasi menggunakan bus dengan layanan yang lebih tinggi kualitasnya dibanding buskota umumnya.
Istilah rapid transit awalnya digunakan untuk sistem transportasi menggunakan rel berkapasitas penumpang tinggi, dengan jalur tersendiri: railway.
BRT merupakan upaya menggabung kelebihan sistem metro (subway, yang memiliki jalur eksklusif, ketepatan waktu dan frekuensi) dengan kelebihan sistem buskota (biaya pembangunan dan pemeliharaan yang rendah, tidak harus memiliki jalur eksklusif di sepanjang rutenya)

Ada berbagai macam sistem BRT di dunia, karakteristik utamanya antara lain :
- memiliki jalur sendiri, busway.
- menggunakan kendaraan dengan karakteristik seperti trem. Teknologi terakhir bahkan mengembangkan bi-articulated bus, atau busgandeng ganda, dan guided bus atau bus yang dijalankan dengan panduan komputer.
- penjualan tiket di luar bus

Ada yang menganggap biaya pembangunan sistem ini lebih baik digunakan untuk membangun sitem dengan LRT (light rail transit atau trem) yang memberi kecepatan lebih tinggi, headway lebih singkat, kapasitas lebih banyak dan kemampuan untuk digabung dengan sistem rel kereta api.
Ada juga yang menganjurkan penggunaan trolley-bus, bus dengan energi listrik, karena emisi gas dan noise-nya sangat rendah.

Namun sistem BRT di Los Angeles, Amerika Serikat, ternyata berhasil mengungguli kecepatan dan reliabilitas kereta. Mungkin karena BRT di sini termasuk bagian integral dari sistem transportasi rel Los Angeles.

Lain lagi dengan Vancouver, Kanada. Sistem BRTnya berhasil mengurangi emisi kendaraan. Reliabilitas sistem dan kepuasan pengguna juga terus menanjak. Karena kapasitas semakin tinggi, dan sudah melampaui efisiensinya, maka pada 2009 nanti jalur 98 B-line (rute ke bandara internasional Vancouver sepanjang 16 km, per hari 18.000 penumpang), akan diganti dengan sitem rel, The Canada Line. Sekaligus untuk mengantisipasi kebutuhan Olimpiade Musim Dingin 2010 [Foto: BRT di Milano, Italia)

No comments: