11.9.07

Pramudi menuntut

Tuntutan Sopir Transjakarta Dibahas Manajemen

KOMPAS - Kepala Bagian Pengendalian BLU Transjakarta Rene Nunumete tuntutan para sopir Transjakarta sedang dirapatkan oleh manajemen BLU Transjakarta. Namun, kenaikan gaji sampai 40 persen dinilai terlalu tinggi, apalagi, pendapatan mereka baru dinaikkan 10 persen awal 2007.

”Gaji pokok pramudi bus Transjakarta Rp 1,2 juta per bulan. Pendapatan mereka masih ditambahi uang makan dan transportasi Rp 50.000 per hari sehingga pendapatan total Rp 2,5 juta per bulan. Itu, kan, sudah di atas UMR,” kata Rene.

Rene mengatakan, selain menuntut kenaikan gaji karena harga sembako sedang naik, para sopir juga menuntut dipekerjakan kembali seorang rekan mereka, sesama sopir. Sopir berinisial P dikeluarkan karena mengemudi dengan kecepatan terlalu tinggi dan tidak tertib.

Mogok kerja yang dilakukan sekitar 40 pramudi Transjakarta terjadi Selasa (11/9) siang di Jakarta Selatan. Mogok kerja itu membuat calon penumpang bus Transjakarta di koridor I Blok M-Kota telantar.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyesalkan aksi mogok itu karena mengganggu pelayanan. Gaji para sopir bus Transjakarta juga dinilai sudah lebih tinggi daripada para sopir bus lain.

Untuk mengangkut penumpang yang sempat telantar, BLU Transjakarta mengerahkan 12 unit bus dan sopir dari koridor II dan III ke koridor I. Para sopir reguler dan sopir cadangan dari koridor I 185 orang akan dikerahkan Rabu (12/9) agar pelayanan di koridor I kembali normal. (ECA)

No comments: