17.11.05

30% wanita

TransJakarta Targetkan 30 Persen Sopir Perempuan
Kamis, 17 November 2005 | 12:13 WIB

TEMPO Interaktif - Badan Pengelola TransJakarta Busway menargetkan pengemudi perempuan mencapai 30 persen dari total pengemudi perusahaan ini.

Operator busway koridor I Blok M-Kota, PT Jakarta Express Trans (JET), dan operator Koridor II dan III Pulogadung-Harmoni-Kalideres, PT TransBatavia, akan segera menambah pengemudi perempuan.

Kinerja sembilan pengemudi perempuan yang diluncurkan pada April lalu dinilai bagus. Mereka biasanya bekerja pada shift pagi. "Cara mengemudi dan mengeremnya halus, respons pelanggan juga positif," kata Kepala Badan Pengelola TransJakarta Bambang Gardjito, Kamis (17/11).

Dia mengharapkan, setiap tahun akan ada tambahan pengemudi perempuan baru. Saat ini, dia menyatakan, Badan Pengelola akan mencari 30 pengemudi perempuan baru.

Direktur Umum dan Keuangan PT JET Ibnu Susanto menjelaskan, perusahaannya telah membuka lamaran. Syaratya, usia maksimal 40 tahun, sehat dan energik, dan punya Surat Izin Mengemudi A. "Apabila telah memiliki SIM B1 lebih baik," kata dia.

Para calon pramudi akan melewati tes tertulis, wawancara, kesehatan, hingga praktik mengemudi. Bila lolos, kata Ibnu, selain mendapatkan pelatihan internal, para calon pengemudi perempuan ini akan kita kirim ke pusat pelatihan Polri di Serpong.

Ibnu melanjutkan, bagi yang berminat, bisa mengirim aplikasi lamaran ke PT JET di Terminal Pinang Ranti, Jakarta Timur, atau telepon (021) 8415111. Selain itu, lamaran diharapkan dilengkapi juga dengan ijazah pendidikan terakhir dan pengalaman kerja mereka. [Harun Mahbub]

No comments: