18.7.07

Tarif busway Nantes

Ketidaknyamanan busway Jakarta sedang diupayakan solusinya dari sisi tarif. Berikut ini sebuah introduction tentang penerapan tarif di sistem transportasi Nantes, Prancis. Untuk mengenal sistemnya lebih jauh, tentu perlu studi lebih mendalam.

Nantes termasuk dalam 13 kota yang dipilih oleh European Commission sebagai model penerapan strategi transportasi urban yang inovatif. Ia memiliki jaringan trem terpanjang di Prancis: 40 km dalam tiga koridor, dua waterway di sungai Loire dan Erdre, satu koridor busway dan puluhan lagi jalur buskota. Kota kelahiran penulis masyhur Jules Verne ini hanya berpenduduk sekitar 600.000 orang.

Transportasi seputar Nantes dikelola oleh Tan. Didasarkan pada pemahaman bahwa setiap orang memiliki kebiasaan travelling yang berbeda, Nantes mengeluarkan berbagai jenis tiket dan tarif. Setiap tiket berlaku untuk semua jenis transportasi yang dikelola oleh Tan, tidak pandang jarak :

Ticket Unité : tiket yang berlaku satu jam untuk keseluruhan jejaring transportasi. Diperforasi saat mulai digunakan. Harganya 1,30€.



Ticket Duo: tiket berlaku dua kali satu jam untuk satu orang, atau sekali satu jam untuk dua orang. Harganya 2,30€. Ini berati setiap orang bisa menghemat setengah euro.



Ticket "24 heures": berlaku 24 jam sejak diperforasi. Harganya 3,40€, untuk tiket 24 jam versi 4 orang harganya 4,10€, akan menghemat hingga 9,30€, atau dua euro lebih per orangnya. Sedangkan ticket "7 jours", yang berlaku 7x24 jam hanya 12,40€, hemat lebih dari 11€.

Selain berdasarkan waktu, juga dikeluarkan kartu abonemen menurut usia dan profesi:

Pass'Campus: khusus untuk generasi di bawah usia 26 tahun yang berstatus mahasiswa, pelajar atau peserta pelatihan dan kursus. Berlaku setahun untuk seluruh jaringan transportasi. Harganya 199€. Jika dibagi 365(hari), berarti hanya setengah euro per harinya.
Juga disediakan kartu dan tiket kampus bulanan, harganya 26,90€, bernilai sekitar 0,90€ per hari.



Pass'Rapido: ini kartu untuk pelajar sekolah tinggi dan menengah. Kartu Rapido ini juga berlaku untuk bus sekolah. Masa berlakunya dari 1 September hingga 31 Agustus tahun berikutnya. Harga: 189€. Kartu dan tiket bulanan: 19,60€.





Pass' Primo: untuk murid sekolah dasar dan taman kanak-kanak, juga bisa digunakan untuk menumpang bus sekolah. Berlaku mulai 1 September hingga 31 Agustus tahun berikutnya. Harganya 103€. Kartu dan tiket bulanan: 11€.

Pass' Partout: yang ini kartu individual. Juga berlaku untuk semua jaringan. Harganya 390€.

Carte verte: kartu Hijau, tidak dibatasi waktu namun harus didampingi dengan tiket bulanan untuk diperforasi sebagai tanda dimulainya masa sebulan. Harga tiket bulanan: 40,50€.


Carte Diamant "T"- ini kartu khusus untuk warga Nantes usia 60 tahun ke atas yang masih menjadi subyek pajak. Berlaku setahun dimulai dari tanggal kelahiran. Harga 196€. Versi "M" adalah untuk usia 60 tahun keatas yang tidak terkena pajak penghasilan. Harganya 100€ per tahun.




Carte Tempo: yang ini kartu gratis. Khusus untuk para pencari kerja yang sudah terdaftar di ANPE (Departemen Tenaga Kerja), para penerima tunjangan sosial dan RMI (dana pengangguran), mereka yang tidak perlu bekerja karena cacat, usia, dan mereka yang berpenghasilan di bawah UMR. Disebut Kartu Tempo mungkin singkatan dari kartu temporer —berharap para penggunanya tidak selamanya miskin, sekaligus memiliki efek psikologis yang positif bagi pemegangnya. Bandingkan saja kalau sebutannya Kartu Keluarga Miskin...

Masih ada lagi kartu multipass, kartu Congrès dan tiket-tiket yang dikombinasikan dengan tiket bus antar kota, kereta api, metro dan lainnya.

Ada banyak hal terinspirasi hanya dari suatu sistem tarif. Mudah-mudahan para pengambil keputusan bisa lebih bijak saat menentukan aturan-aturan bagi warna-warninya jutaan manusia Jakarta ini. [sumber gambar dan data: La tan. Ma ligne de ville]

No comments: