23.7.07

Satu tewas dan seorang luka-luka

TEMPO Interaktif, Jakarta:

Seorang pria berusia 50 tahun bernama Rahmat tewas tersenggol busway bernomor polisi B 7480 IQ ketika sedang menyeberang jalan di kilometer 12 Jalan Daan Mogot, Cengkareng, Minggu (22/7) pagi. Rahmat meninggal setelah terpental sejauh 1 meter dan kepalanya membentur aspal.

Kepala Bidang Pengendali Bus Transjakarta, Rene Nunumete, menjelaskan busway pada saat itu sebenarnya sedang melaju dengan kecepatan lambat. Ketika itu di jalur busway, persis di depan bus, juga sedang melaju sebuah mobil pribadi. "Korban sedang berdiri di separator di daerah Sumur Bor. Ia jatuh setelah tersenggol bus," ujar Rene.

Sedangkan dua orang yang bersama Rahmat pada saat itu selamat karena ketika melihat busway dari arah Kalideres, mereka memutuskan berhenti dan menunggu.

Rene mengatakan pihaknya saat ini sedang menunggu hasil penyelidikan kepolisian. "Untuk menentukan apakah itu kelalaian sopir busway atau kelalaian korban," ujarnya.

Sementara sopir busway yang bernama Hendra, menurut Rene, hingga saat ini ditahan oleh Satuan Lalu-Lintas Polres Jakarta Barat untuk menjalani pemeriksaan. Kendaraan busway juga diamankan di kantor polisi setempat.

Rene mengatakan pihak pengelola bus Transjakarta sudah mendatangi keluarga korban setelah kejadian. "Kami sudah mengirim petugas ke sana," ujarnya. Pihaknya juga menyerahkan bantuan biaya pemakaman untuk korban. Namun Rene mengatakan tidak mengetahui secara pasti jumlahnya.

Di lokasi bebeda, bus Transjakarta juga menyenggol seorang pelajar hingga mengalami luka-luka. Korban bernama Rohayati, pada Minggu siang sekitar pukul 11.30, itu sedang menyeberang di perlintasan busway di Ja
lan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Menurut petugas piket Traffic Management Center Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya, Ajun Inspektur Satu Kasno, saat itu Rohayati sedang berjalan dari arah utara ke selatan.

Kasno menjelaskan, Busway bernomor polisi B 7030 IE yang dikemudikan Werry Pineki sedang melaju menuju arah Pasar Minggu. Rohayati yang tinggal di desa Bangun Galih RT 05/01 saat itu menyeberang dengan tiba-tiba dan tersenggol badan bus. Korban lantas dibawa ke Rumah Sakit Setia Mitra, Pancoran, Jakarta Selatan. Belum ada keterangan apakah pengemudi busway ditahan. [Kartika Candra]

No comments: