16.7.07

Bus sekolah pun segera meluncur...



Ini kabar yang benar-benar menggembirakan. Setelah tertunda-tunda sejak pertama kali digagas pada 2003, menurut rencana 34 buah bus sekolah akan mulai dioperasikan 19 Juli besok. Bus sekolah berwarna kuning seperti di Amerika ini disediakan bagi para murid SMP dan SMA. Fasilitas ini sepenuhnya dibiayai oleh Pemerintah Provinsi Jakarta, para siswa penumpang tidak dipungut biaya apapun. Dinas Perhubungan akan mengeluarkan kartu ID khusus bagi para siswa.

Ada empat rute utama: Kemayoran-Lapangan Banteng; Pulo Gadung-Tanjung Priok; Taman Mini-Kampung Melayu; dan Pasar Minggu-Blok M. Selain itu juga disediakan dua rute penghubung yang mengantar ke halte-halte di rute utama: Cawang-Grogol dan Cawang Plumpang.

Jam operasi bus sekolah tidak sepanjang hari, melainkan pada jam-jam keberangkatan dan kepulangan siswa: jam 05:00-07:00; 10:00-13:00; dan 16:00-18:00.
Kapasitas bus: 23 duduk dan 16 berdiri.

Ini berarti akan dimulainya kultur baru bagi setiap keluarga yang memiliki anak siswa SMP dan SMA. Seperti biasa, panduan, sosialisasi dan uji cobanya tidak terasa oleh masyarakat. Dan kegagapan, trial and error, dipastikan akan terjadi lagi yang sedikit banyak akan mempengaruhi hidup jutaan manusia Jakarta.

Selamat datang dan terimakasih bus sekolah. Mari kita jaga dan pelihara agar berjalan sesuai dengan tujuan dan fungsinya.

No comments: