8.5.07

Kecelakaan busway

Terlibat Kecelakaan, Sopir Transjakarta Diperbolehkan Pulang
Laporan Wartawan Kompas Neli Triana

KOMPAS- Manajer Pengendalian Badan layanan Umum Transjakarta Rene Nunumete mengatakan, dua sopir transjakarta yang terlibat kecelakaan, Selasa (8/5), Jamilah Rosdiana (32) dan Hetty Amirudin (30) tidak ditahan karena hasil sementara penyelidikan polisi penyebab kecelakaan adalah kelalaian korban. Keduanya hanya dikenai wajib lapor dan non aktif bekerja sampai penyelidikan polisi usai.

“Malam ini juga mereka diperbolehkan meninggalkan Markas Kepolisian Daerah Metro Jaya Unit Kecelakaan Lalu Lintas Wilayah Jakarta Pusat dan dua bus transjakarta juga sudah kembali ke pangkalan. Untuk sementara, mereka ditetapkan tidak bersalah karena kecelakaan diyakini disebabkan kelalaian korban, yang melintas menyeberang jalan pada saat lampu hijau menyala,” kata Rene Nunumete.

Sepanjang Selasa siang ini, terjadi dua kali kecelakaan yang melibatkan bus transjakarta koridor I jurusan Blok M – Kota. Kecelakaan pertama, antara bus yang disopiri Hetty bernomor polisi B 7016 IS dengan mobil Suzuki Grand Vitara di perempatan Bank Indonesia, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat sekitar pukul 11.30. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kecelakaan ini.

Kecelakaan kedua terjadi sekitar pukul 13.15 di Jalan Majapahit depan Kantor Sekretaris Negara. Bus transjakarta bernomor polisi B 7027 IS yang disopiri Jamilah dari arah Blok M melindas Tek Je Lie (66) alias Kholik warga Tanjung Selor, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat.

Berdasarkan pantauan Kompas, sejak 2005 hingga 2007, sudah 12 kali terjadi kasus kecelakaan yang melibatkan bus transjakarta. Kecelakaan terjadi, antara lain, pada 25 Oktober 2005, lalu 26 Desember 2005, 29 April 2006, dan 8 Juni 2006. Sedikitnya dua orang tewas dalam empat kecelakaan tersebut.

Pada tahun 2007, terjadi delapan kali kecelakaan transjakarta, yaitu :

  • 19 Februari 2007, sebuah sepeda motor ditabrak transjakarta di Perempatan Pramuka, Jakarta Pusat. Pengendara sepeda motor tewas
  • 4 Maret 2007, bus transjakarta B 7449 ZX menabrak pohon besar di Jalan Majapahit, sedikitnya empat orang penumpang luka-luka
  • Selama Maret 2007, juga terjadi kecelakaan transjakarta yang mengakibatkan dua pejalan kaki di Jakarta Timur, yaitu di Jalan Otista Raya dan Jalan Jatinegara Barat tewas terlintas.
  • 17 April 2007, Asman H Manulang (51), warga Jalan Malaka, Munjul, Cipayung, Jakarta Timur retak dua tulang rusuk kirinya akibat terjepit di celah antara areal menunggu dan badan bus Transjakarta di Terminal Bus Kampung Melayu, Jakarta Timur.
  • 2 Mei 2007, empat orang mekanik transjakarta menjadi korban meledaknya tabung gas transbatavia di stasiun pengisian bahan bakar gas khusus untuk bus transbatavia di Jalan Perintis Kemerdekaan RT 01 RW 15, Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur.
  • 8 Mei 2007, terjadi dua kecelakaan, yang mengakibatkan mobil Suzuki Grand Vitara ringsek dan seorang pejalan kaki tewas.

No comments: