12.5.07

10 Unit Busway Gandeng Beroperasi Juni

Penulis: Bagus BT. Saragih
JAKARTA--MIOL: Busway Transjakarta segera mengoperasikan 10 unit busway gandeng untuk koridor V (Kampung Melayu - Ancol) pertengahan bulan depan.

Manajer Operasional Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta Rene Nunumete mengatakan hal itu kepada Media Indonesia, Sabtu (12/5).

"Kita sudah ujicoba dengan bus gandeng milik PPD tadi," katanya.

Tujuan ujicoba itu adalah untuk menjajal kelayakan jalur dan halte yang ada, apakah sesuai dengan bus gandeng atau tidak.

Ditambahkan Rene, 10 unit busway gandeng merek Daewoo itu diimpor secara utuh (built-up) dari Korea Selatan. "Jadi tidak dirakit lagi."

Rencananya, busway jenis gandeng itu tiba di Jakarta awal bulan depan dan mulai dioperasikan di koridor V pertengahan bulan depan.

Berbeda dengan busway yang ada saat ini, busway gandeng itu memiliki kapasitas yang jauh lebih banyak. "Kapasitasnya 160 orang, termasuk yang berdiri," jelas Rene.

Jumlah pintunya ada 3 buah di masing-masing sisi. "Semua halte di koridor V juga telah disesuaikan," tambah Rene.

Nantinya direncanakan ada 17 unit busway gandeng yang digunakan di koridor V. "Tujuh unit sisanya segera menyusul," ujar Rene.

Ke depan, busway koridor I juga akan dilayani dengan busway gandeng. "Sesuai dengan jumlah penumpang yang sangat banyak di koridor I," Rene menjelaskan.

Oleh karena itu, lanjutnya, seluruh halte yang ada di koridor I juga akan disesuaikan dengan busway gandeng. (*/OL-03)

No comments: