15.1.06

Merdeka Selatan Ditutup untuk Peluncuran Busway

TEMPO Interaktif, Jakarta: Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, sisi utara dari arah barat ke timur akan ditutup mulai Sabtu (14/1) pukul 00.00 WIB sampai Ahad (15/1).
Penutupan dilakukan untuk peluncuran busway koridor II (Pulogadung-Harmoni) dan koridor III (Harmoni-Kalideres) pada Ahad (15/1) di halte Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan.

Selama penutupan jalan tersebut, berdasar keterangan tertulis dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta, untuk sementara dilakukan pengaturan baru arus lalu lintas.

Arus lalu lintas yang datang dari arah barat (Jalan Budi Kemuliaan) diarahkan belok kiri di Bundaran Patung Kuda (Air Mancur), selanjutnya melalui Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Majapahit, belok kanan di Harmoni, dan seterusnya.

Arus lalu lintas belok kiri yang datang dari arah utara (Jalan Medan Merdeka Barat) diarahkan lurus ke selatan di Bundaran Patung Kuda (Air Mancur) selanjutnya belok kiri ke arah Jalan Kebon Sirih di persimpangan Jalan M.H. Thamrin-Jalan Kebon Sirih,
selanjutnya mengarah ke timur ke simpang lima Patung Tani, dan seterusnya.

Tiket jalur baru busway akan dijual kepada masyarakat umum pada pukul 12.00 WIB setelah launching selesai. Tarif untuk kedua koridor itu sama dengan koridor I (Blok M-Kota), yakni, tarif datar (jauh dekat sama) Rp 3.500 dan tarif diskon (pukul 05.00-07.00) Rp 2.000.

Pada hari pertama itu, jumlah bus yang beroperasi pada koridor II sebanyak 9 armada, dan koridor III sebanyak 14 armada.

Adapun sehubungan dengan belum beroperasinya Harmoni Central Busway (HCB), pusat titik transfer antara busway koridor I, II, dan III, yang semula direncanakan terpusat di sana akan disebar di beberapa titik transfer.

Titik transfer antara koridor I dan III berlokasi di halte busway Sawah Besar. Titik transfer antara koridor II dan III berlokasi di halte busway Pecenongan di Jalan Juanda. Titik transfer antara koridor I dengan koridor II berlokasi di halte busway Monumen Nasional (Monas) di Jalan Medan Merdeka Barat. Harun Mahbub

No comments: