29.11.05

Koridor II dan III Akan Diuji Coba

29-11-2005 | beritajakarta | Meski pembangunan fisik Busway koridor II (Pulo Gadung-Harmoni) dan koridor III (Kalideres-Harmoni) masih dalam pengerjaan, namun uji coba akan tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan yakni pada 15 Desember 2005. Sementara louncing akan dilakukan pada 15 Januari 2006.

"Tahap uji coba akan dilakukan selama satu bulan, selama tahap uji coba masyarakat akan digratiskan," demikian dikatakan Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat Theodorus Marbun kepada wartawan termasuk beritajakarta.com diruang kerjanya, Selasa (29/11).

Dikatakannya, proses pengerjaan pembangunan fisik busway koridor III (Kalideres-Harmoni) sampai saat ini sudah mencapai 80 persen dan pengerjaannya akan dipercepat sebelum tanggal 15 Desember sudah selesai untuk tahap uji coba.

Armada yang akan dioperasikan pada lounching nanti, kata Marbun, sebanyak 27 unit. Sebanyak 12 unit adalah bus baru dengan BBG (Bahan Bakar Gas) dan 15 unit lainnya pinjam pakai dari koridor I. "Saat ini baru ada 2 unit bus baru dengan BBG, dan yang lainnya sedang dalam tahap pengerjaan," ujarnya.

Bus-bus yang dipinjam pakai itu adalah bus cadangan sehingga peminjaman dijamin tidak akan mengganggu operasional di koridor I. Sedangkan bus baru diimpor dari Korea Selatan atas investasi dari konsorsium PT Transbatavia. Selain menggunakan BBG, bus baru itu menggunakan transmisi otomatis.

Selain itu, pengelola bus transjakarta juga masih memberlakukan satu tarif, meski penumpang berpindah dari satu koridor ke koridor lain. Penumpang dari Pulo Gadung yang akan ke Blok M, misalnya, tetap hanya membayar Rp 3.500. "Asal di halte Merdeka Barat penumpang itu tidak keluar," kata Marbun.

Untuk busway koridor III (Kalideres-Harmoni) Dinas Pehubungan DKI Jakarta menyiapkan 12 halte dua diantaranya didalam terminal Kalideres. Armada akan masuk terminal dan berputar kembali dan untuk tempat peristirahatan pengemudi dan parkir armada dipusatkan di pool busway yang juga dalam tahap pengerjaan di samping kantor Sudin Perhubungan Jakarta Barat.

Lebih lanjut Marbun menjelaskan, Panjang lintasan total busway II dan III sepanjang 33 km dengan rincian untuk koridor II (Pulo Gadung-Harmoni) CB: 14,3 km dan untuk koridor III (Kalideres-Harmoni) CB: 18,7 km. "Konsep pengembangan koridor direncanakan ada 40 titik pemberhentian dengan dua buah terminal akhir," ujarnya.

Untuk feeder (pendukung-red), Dinas Perhubungan akan mengusahakan trayek yang telah ada dan tidak akan menambah trayek lagi. Tapi trayek yang ada akan disesuaikan dengan armada busway.

No comments: