9.12.03

New Armada Kebut Pesanan Bus Way

TEMPO Interaktif, Magelang: PT New Armada Magelang tengah dikejar tenggat menyelesaikan 41 unit bus kota pesanan pemerintah daerah DKI Jakarta. Bus-bus tersebut harus diserahkan ke pihak pemesan pada akhir Desember nanti. “Saat ini delapan unit diantaranya sudah sampai tahap finishing, lainnya sedang dalam taraf pengerjaan,” kata General Manager Pemasaran PT New Armada, Magelang, Edi Junarko, saat dihubungi melalui telepon, Selasa (9/12).

Pemda DKI memesan 56 bus baru, 41 unit diantaranya dikerjakan PT New Armada, Magelang. Sisanya, 13 unit, dikerjakan PT Restu Ibu, Bogor.

PT New Armada mengerjakan dua jenis bus, masing-masing bermerek Hino dan Mercedes Benz. Menurut Edi, harga masing-masing bus berkisar antara Rp 800 juta - Rp 850 juta per unitnya.

Bus-bus pesanan Pemda DKI ini memiliki kualitas bagus karena menggunakan bahan-bahan pilihan. Untuk interior langit-langit bus, misalnya, menggunakan bahan yang tahan api sehingga jika terjadi percikan api tidak akan menjalar. Untuk kerangkanya, menggunakan bahan Galvanil, yakni jenis logam yang lebih kuat dan tahan karat.

Keistimewaan lainnya, pintu bus berada di sisi kanan, menyesuaikan jalur khusus bus (bus way) yang akan diberlakukan di Jakarta awal 2004. Pintu bus menggunakan sistem lipat (volding) otomatis dan menggunakan sensor yang menghindarkan penumpang terjepit waktu naik. Selain itu, disediakan sebuah pintu darurat di sebelah kanan yang bisa dibuka secara manual.

Untuk keselamatan penumpang, disediakan 10 palu pemecah kaca di dekat jendela, serta dua tabung pemadam di depan dan di belakang. “Sesuai dengan jalur bus way, pintu bus berada di sebelah kanan, setinggi halte. Dengan demikian, penumpang masuk dari halte ber-AC ke bus yang juga ber-AC,” jelas Edi.

Edi tidak menyebutkan kapan mereka mendapat kontrak pembuatan 41 unit bus tersebut dari Pemda DKI.

Heru CN - Tempo News Room

No comments: